Jumat, 07 Januari 2011

BIOTEKNOLOGI

Apa bioteknologi itu??

Bioteknologi merupakan suatu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup sehingga dapat menghasilkan barang atau jasa untuk kepentingan hidup manusia. Makhluk hidup yang dimanfaatkan dapat berupa makhluk hidup secara utuh atau bagian dari makhluk hidup, seperti sel, jaringan, dan enzim.

Sebenarnya, prinsip dasar bioteknologi telah diterapkan sejak ribuan tahun yang lalu. Namun, saat itu para leluhur manusia tidak mengenalnya sebagai bioteknologi. Istilah bioteknologi baru muncul sekitar tahun 1970-an, setelah sekelompok ilmuwan berhasil melakukan rekayasa genetika terhadap makhluk hidup. Teknologi DNA rekombinan merupakan bentuk mutakhir dari bioteknologi.




1. Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi konvensional merupakan praktik bioteknologi yang dilakukan dengan cara dan peralatan sederhana, tanpa melakukan rekayasa genetika. Praktik bioteknologi yang demikian telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu untuk menghasilkan berbagai produk. Contohnya bir, wine, tuak, sake, yoghurt, roti, keju, kecap, tempe, tapai dan oncom.




2. Bioteknologi Modern

Bioteknologi modern merupakan praktik bioteknologi yang diperkaya dengan teknik rekayasa

genetika, yaitu suatu teknik pemanipulasian materi genetika. Pada teknik tersebut terjadi pemindahan m

ateri genetika (transfer gen) dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Melalui teknik tersebut manusia dapat mengontrol produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginannya. Contohnya, dihasilkannya tanaman tanhan lama dari penyakit, buah-buahan bersifat tahan lama, dan ternak yang mampu menghasilkan susu dalam jumlah yang lebih banyak.

Dalam kegiatan rekayasa genetika, makhluk hidup yang di dalam tubuhnya mengandung gen

asing dikenal sebagai makhluk hidup transgenik. Mereka dapat berupa tumbuhan transgenik, hewan tr

ansgenik, dan bakteri transgenik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar